Tapung, Marianus
(2017)
MENGGAGAS ULANG TRANSFORMASI PENDIDIKAN YANG
BERKESADARAN HUMANIS, DIALOGIS, KRITIS, LIBERATIF
DAN EKOLOGIS.
[error in script]
[error in script]
ISSN 2356-1386
Abstract
Perkembangan dunia dewasa ini menjadi tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan. Sudah jelas,
perkembangan muncul dari dan dalam pendidikan. Namun perkembangan pada sisi lain bisa berdampak
pada disorientasi terhadap makna dan praksis pendidikan. Pendidikan yang idealnya menjadi wahana
pembentukan manusia menjadi lebih manusiawi, justru mengalami disorientasi makna dan praksisnya.
Adanya fakta dan pengalaman degradasi, disparitas, diskrepansi, dehumanisasi, dan kerusakan ekologis
memberi kesimpulan bahwa pendidikan mengalami kegagalan, baik dari segi konsep maupun
prakteknya. Untuk bisa mengembalikan pengertian dan pemahaman pendidikan sebagai aktivitas
membuat manusia menjadi manusiawi maka perlu berbagai upaya mengembalikan konsep dan praksis
pendidikan yang sebenarnya. Langkah awal adalah upaya definisi ulang dan orientasi kembali pendidikan
yang transformatif. Dewasa ini, menggagas ulang pendidikan yang berkarakter transformatif menjadi
sangat penting dan relevan demi memposisikan kembali citra kemanusiaan yang tergerus akibat berbagai
dampak perkembangan yang negatif
Actions (login required)
 |
View Item |