Tapung, Marianus (2021) TRANSFORMASI PARADIGMATIS PERAN STAKEHOLDERS, SOLUSI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING. In: Problematika Pembelajaran Daring dan Solusinya. Unika St. Paulus Ruteng, Ruteng, pp. 63-88. ISBN 978-623-7318-27-9
PDF
Download (675kB) |
Abstract
Degradasi didaktif implementasi pembelajaran daring pasca kebijakan kurikulum darurat pendidikan menghadirkan noktah gelisah pada potret masa depan output pendidikan dari generasi usia sekolah saat ini. Orkestrasi kebijakan otoritas negara ternyata tidak sepenuhnya menjadi solusi bagi efektivitas pembelajaran online (Wijoyo, et.al., 2021). Tesis ini hadir dalam temuan sejumlah studi prospektif terkait dampak pandemi Covid-19 bagi generasi usia sekolah sejak Maret tahun 2020. Dialektika gagasan pada sejumlah hasil kajian masih menyisakan ruang-ruang gelap di balik tirai tak tersingkap (blindspot) yang menghendaki proliferasi studi lanjutan bagi terselenggaranya iklim dan ekosistem digital pendidikan yang bermutu. Tantangan, hambatan, dan kendala silih berganti dan pada galibnya menuntut transformasi paradigmatis peran�peran pemangku kepentingan (stakeholders) pendidikan agar 64 semakin responsif dan adaptif dengan tuntutan pendidikan berbasis transformasi digital kini dan pada masa depan. Intinya, pendidikan berbasis daring hanyalah sebuah instrument netral bebas nilai; dan yang membuatnya gagal atau berhasil adalah prilaku sujektif stakeholders itu sendiri. Dalam hal ini, sangat patut untuk dicermati dan mungkin dituntut untuk direnovasi kembali bangunan relasi sekolah dan rumah yang di dalamnya siswa adalah subjek sentral yang harus dibimbing, dididik, dan diajari agar tumbuh menjadi insan yang tidak saja berilmu dan terampil, tapi juga berkarakter (Ben-Naouar Youssef, 2020). Dengan itu, kegelisahan yang lahir dari problematika akibat keharusan beralih dari proses normal�konvensional pendidikan haruslah diapresiasi sebagai bentuk kesadaran dan tanggung jawab etis kemanusiaan dari setiap insan tentang nasib generasi masa depan bangsa
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Dr. Marianus Tapung |
Date Deposited: | 15 Feb 2022 03:30 |
Last Modified: | 15 Feb 2022 03:30 |
URI: | http://repository.unikastpaulus.ac.id/id/eprint/1065 |
Actions (login required)
View Item |