Tapung, Marianus
(2021)
DIALOG IMAGINER TENTANG BEST PRACTICE
KETIKA BERPARTISIPASI MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN
DI MANGGARAI.
In:
Problematika Pembelajaran Daring dan Solusinya.
[error in script]
Unika St. Paulus Ruteng[error in script][error in script].
ISBN 978-623-7318-27-9
Abstract
Salah satu hal yang paling mendasar dalam setiap
melakukan kegiatan adalah membuat dokumentasi atau
rekaman terhadap kegiatan tersebut. Sehebat-hebatnya
sebuah kegiatan, bila tidak ada rekamannya, akan menjadi
hampa dan tidak signifikan. Persis situasi seperti ini yang
saya alami. Saya tidak memiliki dokumentasi atau rekaman
fisik tentang pengalaman berharga ketika terlibat dalam
meningatkan mutu pendidikan di Manggarai tahun 2013--
2015 melalui BERMUTU (Better Education through Reformed
Management and Universal Teacher Upgrading). Program ini
merupakan kerja sama Pemerintah Belanda, Bank Dunia dan
Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga
Kependidikan (Ditjen PMPTK), Direktorat Jenderal
Pendidikan Tinggi dan Balitbang Depdiknas, serta Pemerintah
Daerah Manggarai. Untuk mengatasi ini, saya melakukan
DIALOG IMAGINER TENTANG BEST PRACTICE
KETIKA BERPARTISIPASI MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN
DI MANGGARAI
349
rekonstruksi peristiwa atas pengalaman tersebut dengan
membuat dialog imajiner ini. Tujuannnya adalah untuk
mengingat kembali pengalaman ini dan bisa membagikannya
kepada publik. Dalam hal ini, terselip di dalammnya motivasi
memesis, di mana pengalaman ini mungkin bisa dijadikan
sebagai contoh atau tiruan untuk membentuk pengalaman�pengalaman terbaik lainnya, khususnya dalam ikhtiar
meningkatkan mutu pendidikan dalam tataran lokal, regional,
dan nasional. Pertanyaan-pertanyaan dalam dialog imajiner ini
diadaptasi dari pertanyaan wawancara ketika mengikuti seleksi
tahap 1 untuk angkatan 2 calon pelatih Ahli Program Sekolah
Penggerak Kemendikud, November 2021
Actions (login required)
 |
View Item |