Ntelok, Zephisius and Nantung, Yustina and Tapung, Marianus
(2022)
PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR SELAMA MASA BELAJAR DARI RUMAH.
[error in script]
[error in script]
ISSN 2746-1505
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam mendampingi siswa
belajar, serta mendeskripsikan kendala orang tua dalam mendampingi siswa belajar selama
masa belajar dari rumah dan solusi pemecahan masalahnya. Jenis penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode kepustakaan. Data
dikumpulkan dengan teknik dokumentasi dan dianalisis dengan mengadopsi model analisis
data dari Miles dan Hubermann. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam
membantu anak belajar dari rumah didilakukan dengan cara: 1) menjadi guru di rumah, 2)
menjadi fasilitator, 3) menjadi motivator, dan 4) pengarah atau director. Hasil penelitian ini
juga menemukan beberapa kendala yang dihadapi oranjg tua, yaitu: 1) kurangnya
pemahaman terhadap materi, 2) tidak memiliki cukup waktu untuk mendampingi anak dalam
belajar, 3) tidak sabar saat mendampingi anak belajar, 4) sulit mengoperasikan gadget, 5)
jaringan internet yang kurang stabil. Ada pun solusi yang dapat dilakukan untuk
memaksimalkan peran orang tua adalah dengan belajar memahami teknologi dan
berkonsultasi dengan guru berkaitan dengan kemajuan belajar anak.
Actions (login required)
 |
View Item |