”PUTUS SEKOLAH” DAN POLITIK PENDIDIKAN YANG VISIONER

Tapung, Marianus (2020) ”PUTUS SEKOLAH” DAN POLITIK PENDIDIKAN YANG VISIONER. In: OMINIA IN CARITATE, LAKUKAN SEMUA DALAM KASIH. OBOR, JAKARTA, pp. 247-264. ISBN 978-979-565-868-9

[img] PDF
Download (725kB)

Abstract

Saya meyakini bahwa yang menjadi tantangan terbesar Gereja Katolik Manggarai ke depan, selain peningkatan kesejahteraan dan derajat kesehatan Masyarakat, aspek yang perlu diperhatikan adalah pendidikan. Pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan masyarakat merupakan tiga batu tungku (triple helix) utama dalam menentukan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Perhatian Gereja selama hampir satu abad ini sudah cukup membuktikan peran dan andil sentralnya dalam mengupayakan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Peran ini sudah dilembagakan dalam bentuk Yayasan Sukma dan Yayasan Santu Paulus Ruteng (Yaspar). Oleh karena itu, peran-peran lembaga yayasan pendidikan ini sebagai bentuk perpanjangan tangan Keuskupan Ruteng, tentu diharapkan semakin optimal pada masa mendatang, terutama berhadapan berbagai tantangan pendidikan abad ke-21. Pendidikan abad ke-21 dengan segala pernak-pernik tuntutannya (elektronifikasi dan digitalisasi), perlu direspons dengan membangun berbagai perspektif kebijakan pendidikan yang visioner.

Item Type: Book Section
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dr. Marianus Tapung
Date Deposited: 15 Feb 2022 03:30
Last Modified: 15 Feb 2022 03:30
URI: http://repository.unikastpaulus.ac.id/id/eprint/1069

Actions (login required)

View Item View Item