Tapung, Marianus (2019) POTRET KRITIS PENDIDIKAN DI MANGGARAI DALAM PERSPEKTIF PEDAGOGI VISIONER. In: MEMBANGUN MANUSIA SEUTUHNYA: PERSPEKTIF AGAMA, KEBUDAYAAN DAN PENDIDIKAN 60 tahun Ziarah dari Kursus Pendidikan Katekis ke Unika Santu Paulus Ruteng (1959-2019. Unika St. Paulus Ruteng, Ruteng, pp. 51-90. ISBN 978-623-7318-02-6
PDF
Download (914kB) |
Abstract
Pendidikan sebagai upaya memanusiakan manusia tidak pernah terlepas dari berbagai permasalahan yang mengitarinya. Semua permasalahan tersebut tentu wajib diselesaikan secara holistik dan komprehensif demi paripurnanya tujuan pendidikan. Penyelesaian secara kritis terhadap berbagai permasalahan tersebut, sebaiknya bertolak dari fakta dan data empiris dan berdasarkan proses fact and data checking, lalu kemudian menganalisisnya secara akurat. Proses seperti ini perlu dijalankan sebagai bagian dari pendekatan saintifik akademik dan kritis terhadap berbagai permasalah pendidikan, baik yang terjadi pada konteks nasional maupun pada konteks lokal. Pemotretan terhadap kondisi faktual empiris terhadap pendidikan lokal Manggarai merupakan salah satu bagian irisan dari ikhtiar dalam membangun pendidikan yang bermutu. Dengan adanya upaya ini, sangat diharapkan menjadi pemantik yang dapat memberi penerangan cahaya bagi para pihak yang terlibat di dalamnya. Berbagai upaya kebaikan dan penuh kemuliaan ini senantiasa terarah pada satu tujuan utama, yakni pembentukan manusia Manggarai yang bermutu dan memiliki daya saing. Potret kritis ini bisa menjadi titik pijak untuk memberi penilaian terhadap pelaksanaan pendidikan lokal, dari sudut perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi serta nurturan effect-nya bagi kehidupan masyarakat Manggarai, pada masa kini maupun masa yang akan datang.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Dr. Marianus Tapung |
Date Deposited: | 11 Feb 2022 01:49 |
Last Modified: | 11 Feb 2022 01:49 |
URI: | http://repository.unikastpaulus.ac.id/id/eprint/1073 |
Actions (login required)
View Item |