PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR SELAMA MASA BELAJAR DARI RUMAH

Ntelok, Zephisius and Nantung, Yustina and Tapung, Marianus (2021) PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR SELAMA MASA BELAJAR DARI RUMAH. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar,, 2 (2). pp. 6-13. ISSN 2746 - 1505

[img] PDF
Download (582kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam mendampingi siswa belajar, serta mendeskripsikan kendala orang tua dalam mendampingi siswa belajar selama masa belajar dari rumah dan solusi pemecahan masalahnya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode kepustakaan. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi dan dianalisis dengan mengadopsi model analisis data dari Miles dan Hubermann. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam membantu anak belajar dari rumah didilakukan dengan cara: 1) menjadi guru di rumah, 2) menjadi fasilitator, 3) menjadi motivator, dan 4) pengarah atau director. Hasil penelitian ini juga menemukan beberapa kendala yang dihadapi oranjg tua, yaitu: 1) kurangnya pemahaman terhadap materi, 2) tidak memiliki cukup waktu untuk mendampingi anak dalam belajar, 3) tidak sabar saat mendampingi anak belajar, 4) sulit mengoperasikan gadget, 5) jaringan internet yang kurang stabil. Ada pun solusi yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan peran orang tua adalah dengan belajar memahami teknologi dan berkonsultasi dengan guru berkaitan dengan kemajuan belajar anak.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dr. Marianus Tapung
Date Deposited: 15 Feb 2022 03:31
Last Modified: 15 Feb 2022 03:31
URI: http://repository.unikastpaulus.ac.id/id/eprint/1090

Actions (login required)

View Item View Item