Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa

Yohanes Kurniawan,M.Pd, john and Makur, Alberta Parinters (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. In: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA II 2018, 10 Maret 2018, RUTENG, INDONESIA.

[img] PDF (PDF) - Published Version
Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan keterampilan proses sains siswa antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran model inquiri terbimbing dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran inquiri bebas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 6 dan XI IPA 7 SMAN 3 Kupang yang berjumlah 56 orang, yang terdiri dari 21 siswa dari kelas eksperimen dan 36 siswa dari kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah silabus, rencana pembelajaran, materi hukum Archimedes dan lembar observasi keterampilan proses sains. Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat perbedaan keterampilan proses sains antara siswa yang diajar menggunakan pendekatan ilmiah model inquiri terbimbing dengan siswa yang diajar menggunakan pendekatan ilmiah model inkuiri bebas. Hasil kedua yang ditemukan adalah bahwa keterampilan proses sains siswa yang diajar menggunakan model inquiri terbimbing lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan pendekatan ilmiah model inquiri bebas, dengan rata 13 rata nilai siswa kelas eksperimen 41,786 ( presentasi keberhasiilan sebesar 76%) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata 13 rata nilai 32,611 (presentasi keberhasiilan sebesar 58%).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: YOHANES KURNIAWAN
Date Deposited: 19 Oct 2018 05:36
Last Modified: 19 Oct 2018 05:36
URI: http://repository.unikastpaulus.ac.id/id/eprint/118

Actions (login required)

View Item View Item