Yohanes Kurniawan,M.Pd, john and Makur, Alberta Parinters
(2018)
Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa.
In: [error in script][error in script][error in script].
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan
keterampilan proses sains siswa antara siswa yang diajar menggunakan model
pembelajaran model inquiri terbimbing dengan siswa yang diajar dengan
menggunakan model pembelajaran inquiri bebas. Sampel penelitian ini adalah siswa
kelas XI IPA 6 dan XI IPA 7 SMAN 3 Kupang yang berjumlah 56 orang, yang terdiri dari
21 siswa dari kelas eksperimen dan 36 siswa dari kelas kontrol. Instrumen yang
digunakan adalah silabus, rencana pembelajaran, materi hukum Archimedes dan
lembar observasi keterampilan proses sains. Hasil analisis data menunjukan bahwa
terdapat perbedaan keterampilan proses sains antara siswa yang diajar menggunakan
pendekatan ilmiah model inquiri terbimbing dengan siswa yang diajar menggunakan
pendekatan ilmiah model inkuiri bebas. Hasil kedua yang ditemukan adalah bahwa
keterampilan proses sains siswa yang diajar menggunakan model inquiri terbimbing
lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan pendekatan ilmiah
model inquiri bebas, dengan rata 13 rata nilai siswa kelas eksperimen 41,786 (
presentasi keberhasiilan sebesar 76%) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan
rata 13 rata nilai 32,611 (presentasi keberhasiilan sebesar 58%).
Actions (login required)
 |
View Item |