MENYOAL SENTIMEN DISRUPTIF TRANSFORMASI DIGITAL PADA TATA KELOLA PEMBELAJARAN

Tapung, Marianus (2022) MENYOAL SENTIMEN DISRUPTIF TRANSFORMASI DIGITAL PADA TATA KELOLA PEMBELAJARAN. TRANSFORMASI IMAN, BUDAYA DAN PENDIDIKAN: PEMBERDAYAAN MANUSIA DI ERA NEW NORMAL, 1. pp. 348-387. ISSN 978-623-7000-43-3

[img] PDF
Download (1MB)

Abstract

Sentimen disruptif pada era transformasi digital sangat menuntut pergeseran pendekatan, strategi, model, media dan mindset tatakelola pembelajaran agar adaptif terhadap tuntutan baru dunia virtual pendidikan. Sistem tata kelola pembelajaran diwajibkan agar bisa berubah dan mengadopsi teknologi digital sebagai basis pengembangannya. Karenanya, guru dan dosen mesti secara aktif dan kreatif bergiat dalam tata kelola pendidikan, agar tidak mengalami disrupsi oleh kecanggihan teknologi. Ketertinggalan informasi dan sikap indirefen terhadap keharusan perubahan, menjadi kontraproduktif di tengah arus disrupsi teknologi digital. Karena itu dibutuhkan keterbukaan untuk menerima pergeseran paradigmatis sebagaimana juga tuntutan masyarakat 5.0 yang relevan dengan laju revolusi industri 4.0. Untuk menghadapi semua tantangan yang ada, maka penting bagi masyarakat untuk terlibat dalam sejumlah diskursus tentang peran-peran sentral setiap sektor elementer pendidikan. Artikel ini dengan merujuk pada sejumlah literatur kajian, menawarkan sejumlah solusi kreatif dan inovatif guna membahas trend-trend terbaru perubahan sosial dalam lingkup budaya digital yang marak berkembang saat ini.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dr. Marianus Tapung
Date Deposited: 29 Mar 2022 00:29
Last Modified: 29 Mar 2022 00:29
URI: http://repository.unikastpaulus.ac.id/id/eprint/1217

Actions (login required)

View Item View Item