Tapung, Marianus
(2022)
MENYOAL SENTIMEN
DISRUPTIF TRANSFORMASI
DIGITAL PADA TATA
KELOLA PEMBELAJARAN.
[error in script]
[error in script]
ISSN 978-623-7000-43-3
Abstract
Sentimen disruptif pada era transformasi digital
sangat menuntut pergeseran pendekatan, strategi,
model, media dan mindset tatakelola pembelajaran agar
adaptif terhadap tuntutan baru dunia virtual pendidikan.
Sistem tata kelola pembelajaran diwajibkan agar bisa
berubah dan mengadopsi teknologi digital sebagai basis
pengembangannya. Karenanya, guru dan dosen mesti
secara aktif dan kreatif bergiat dalam tata kelola
pendidikan, agar tidak mengalami disrupsi oleh
kecanggihan teknologi. Ketertinggalan informasi dan
sikap indirefen terhadap keharusan perubahan, menjadi
kontraproduktif di tengah arus disrupsi teknologi digital.
Karena itu dibutuhkan keterbukaan untuk menerima
pergeseran paradigmatis sebagaimana juga tuntutan
masyarakat 5.0 yang relevan dengan laju revolusi
industri 4.0. Untuk menghadapi semua tantangan yang
ada, maka penting bagi masyarakat untuk terlibat dalam
sejumlah diskursus tentang peran-peran sentral setiap
sektor elementer pendidikan. Artikel ini dengan merujuk
pada sejumlah literatur kajian, menawarkan sejumlah
solusi kreatif dan inovatif guna membahas trend-trend
terbaru perubahan sosial dalam lingkup budaya digital
yang marak berkembang saat ini.
Actions (login required)
 |
View Item |