Dio, Claudia Saputri
(2022)
ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4- 5 TAHUN DALAM MENGENAL
WARNA MELALUI METODE EKSPERIMEN.
Other thesis, [error in script].
Abstract
ABSTRAK
Dio, Claudia, Saputri. 2022. Analisis Kemampuan Kognitif Anak Usia 4- 5 Tahun Dalam
Mengenal Warna Melalui Metode Eksperimen. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan
Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Katolik Indonesia Santu
Paulus Ruteng. Pembimbing 1: Elisabeth Sarinastitin, M.Pd dan Pembimbing 2: Ignatius
Febryanto R. Bora, S.Fil., MA
Masalah dalam penelitian ini adalah masih terdapat anak yang belum optimal dalam
mengenal warna. Kemampuan kognitif anak dalam berpikir belum berkembang disebabkan
kurangnya pemberian kesempatan kepada anak untuk melakukan percobaan secara langsung.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeksripsikan cara meningkatkan pengenalan warna pada
anak usia dini menggunakan metode yang tepat yaitu metode eksperimen.
Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari sumber data sekunder. Data
sekunder merupakan data yang diperoleh melalui penelitian kepustakaan yaitu membaca, dan
mempelajari berbagai dokumen yang berkaitan dengan masalah yang dibahas dalam ini. Data
dalam penelitian ini adalah kajian literatur dalam penelitian relevan yang sebelumnya pernah
diteliti oleh orang lain. Analisis data merupakan proses mencari dan menyusun secara sistimatis
data yang diperoleh dari hasil penelitian relevan yang sesuai dengan topik kemampuan kognitif
anak usia dini dalam mengenal warna melalui metode eksperimen sehingga dapat dengan mudah
dipahami dan temuannya dapat diinformasikan kepada orang lain. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis Milles dan Hurberman yang terdiri dari
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil kajian literatur bahwa penggunaan metode eksperimen sangat sesuai dan
efektif terutama pengenalan warna dalam proses belajar mengajar. Melalui metode eksperimen
pembelajaran menjadi lebih bermakna dan menyenangkan dikarenakan siswa terlibat secara
langsung serta diberikan kebebasan. Dalam melakukan eksperimen peserta didik akan
mendapatkan pengalaman baru dengan percobaan yang dilakukan sendiri dengan suasana yang
lebih rileks dan anak lebih antusias dalam mencampur warna. Adanya penggunaan media
berbahan alam yang menarik dan menyenangkan anak dapat mengembangkan kemampuan
kognitif dan memberi pengaruh positif bagi anak.
Dari hasil kajian literatur dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif anak dalam
mengenal warna berkembang sangat pesat dengan menggunakan metode eksperimen sederhana
pencampuran warna.
Kata kunci: Kemampuan kognitif, metode eksperimen, anak usia dini
============
Abstract
Dio, Claudia, Saputri. 2022. The Analysis of Cognitive Ability of 4-5 Years Old Children in
Recognizing Colors Through Experimental Methods. Thesis Ruteng Early Childhood Education
Teacher Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Indonesian
Catholic University Saint Paul Ruteng. The first supervisor was Elisabeth Sarinastitin, M. Pd
and Ignatius Febryanto R. Bora, S. Fil, MA as the second supervisor.
The problem in this research was that there are still children who were not optimal in
recognizing colors, children's cognitive abilities in thinking have not developed due to the lack of
opportunities for children to experiment directly. right, namely the experimental method
The data used in this research were obtained from secondary data sources. Secondary data
was data obtained through library research, namely reading, and studying various documents
related to the problems discussed in this thesis. The data in this research was a literature review
in relevant research that has previously been studied by others. Systematic data obtained from
relevant research results in accordance with the topic of early childhood cognitive abilities in
recognizing colors through experimental methods so that they can be easily understood and their
findings can be informed to others. The data analysis technique used in this research was the
Milles and Hurberman analysis model which consists of data reduction, data presentation, and
conclusion drawing.
Based on the existing data, it can be concluded that the use of the experimental method was
very appropriate and effective, especially the introduction of color in the teaching and learning
process. Through the experimental method, learning becomes more meaningful and fun because
students were directly involved and given the freedom. Done alone with a more relaxed
atmosphere and children are more enthusiastic in mixing colors The use of media made from
natural materials that were interesting and fun for children can develop cognitive abilities and
have a positive influence on children
It can be concluded that children's cognitive abilities in recognizing colors develop very
rapidly by using a simple experimental method of mixing colors
Keywords: Cognitive ability, early childhood experimental method
Actions (login required)
 |
View Item |