ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4- 5 TAHUN DALAM MENGENAL WARNA MELALUI METODE EKSPERIMEN

Dio, Claudia Saputri (2022) ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4- 5 TAHUN DALAM MENGENAL WARNA MELALUI METODE EKSPERIMEN. Other thesis, UNIKA SANTU PAULUS RUTENG.

[img] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Dio, Claudia, Saputri. 2022. Analisis Kemampuan Kognitif Anak Usia 4- 5 Tahun Dalam Mengenal Warna Melalui Metode Eksperimen. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng. Pembimbing 1: Elisabeth Sarinastitin, M.Pd dan Pembimbing 2: Ignatius Febryanto R. Bora, S.Fil., MA Masalah dalam penelitian ini adalah masih terdapat anak yang belum optimal dalam mengenal warna. Kemampuan kognitif anak dalam berpikir belum berkembang disebabkan kurangnya pemberian kesempatan kepada anak untuk melakukan percobaan secara langsung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeksripsikan cara meningkatkan pengenalan warna pada anak usia dini menggunakan metode yang tepat yaitu metode eksperimen. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari sumber data sekunder. Data sekunder merupakan data yang diperoleh melalui penelitian kepustakaan yaitu membaca, dan mempelajari berbagai dokumen yang berkaitan dengan masalah yang dibahas dalam ini. Data dalam penelitian ini adalah kajian literatur dalam penelitian relevan yang sebelumnya pernah diteliti oleh orang lain. Analisis data merupakan proses mencari dan menyusun secara sistimatis data yang diperoleh dari hasil penelitian relevan yang sesuai dengan topik kemampuan kognitif anak usia dini dalam mengenal warna melalui metode eksperimen sehingga dapat dengan mudah dipahami dan temuannya dapat diinformasikan kepada orang lain. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis Milles dan Hurberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil kajian literatur bahwa penggunaan metode eksperimen sangat sesuai dan efektif terutama pengenalan warna dalam proses belajar mengajar. Melalui metode eksperimen pembelajaran menjadi lebih bermakna dan menyenangkan dikarenakan siswa terlibat secara langsung serta diberikan kebebasan. Dalam melakukan eksperimen peserta didik akan mendapatkan pengalaman baru dengan percobaan yang dilakukan sendiri dengan suasana yang lebih rileks dan anak lebih antusias dalam mencampur warna. Adanya penggunaan media berbahan alam yang menarik dan menyenangkan anak dapat mengembangkan kemampuan kognitif dan memberi pengaruh positif bagi anak. Dari hasil kajian literatur dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif anak dalam mengenal warna berkembang sangat pesat dengan menggunakan metode eksperimen sederhana pencampuran warna. Kata kunci: Kemampuan kognitif, metode eksperimen, anak usia dini ============ Abstract Dio, Claudia, Saputri. 2022. The Analysis of Cognitive Ability of 4-5 Years Old Children in Recognizing Colors Through Experimental Methods. Thesis Ruteng Early Childhood Education Teacher Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Indonesian Catholic University Saint Paul Ruteng. The first supervisor was Elisabeth Sarinastitin, M. Pd and Ignatius Febryanto R. Bora, S. Fil, MA as the second supervisor. The problem in this research was that there are still children who were not optimal in recognizing colors, children's cognitive abilities in thinking have not developed due to the lack of opportunities for children to experiment directly. right, namely the experimental method The data used in this research were obtained from secondary data sources. Secondary data was data obtained through library research, namely reading, and studying various documents related to the problems discussed in this thesis. The data in this research was a literature review in relevant research that has previously been studied by others. Systematic data obtained from relevant research results in accordance with the topic of early childhood cognitive abilities in recognizing colors through experimental methods so that they can be easily understood and their findings can be informed to others. The data analysis technique used in this research was the Milles and Hurberman analysis model which consists of data reduction, data presentation, and conclusion drawing. Based on the existing data, it can be concluded that the use of the experimental method was very appropriate and effective, especially the introduction of color in the teaching and learning process. Through the experimental method, learning becomes more meaningful and fun because students were directly involved and given the freedom. Done alone with a more relaxed atmosphere and children are more enthusiastic in mixing colors The use of media made from natural materials that were interesting and fun for children can develop cognitive abilities and have a positive influence on children It can be concluded that children's cognitive abilities in recognizing colors develop very rapidly by using a simple experimental method of mixing colors Keywords: Cognitive ability, early childhood experimental method

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Perpustakaan UNIKA St. Paulus Ruteng
Date Deposited: 23 Sep 2022 05:12
Last Modified: 14 Oct 2022 00:16
URI: http://repository.unikastpaulus.ac.id/id/eprint/1379

Actions (login required)

View Item View Item