NDINDUK, FEBRIYANTI KOLETA
(2022)
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
MATEMATIKA SISWA DALAM
MENYELESAIKAN SOAL SPLDV.
Other thesis, [error in script].
Abstract
ABSTRAK
Febriyanti Koleta Ndinduk. 2022. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal SPLDV. Skripsi, Ruteng: Program
Studi Pendidikan Matematika, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus
Ruteng.
Salah satu tujuan dari pembelajaran matematika yaitu siswa memiliki
kemampuan memecahkan masalah yang meliputi memahami masalah,
merencanakan pemecahan, melaksanakan rencana pemecahan, dan memeriksa
kembali pemecahan. Kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan
suatu keterampilan yang dimiliki oleh individu dalam mengatasi permasalahan
dalam bidang matematika yang salah satunya berbentuk soal. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa dalam menyelesaikan soal SPLDV.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Teknik analisis
data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau
penarikan kesimpulan. Jumlah subjek yang dipilih dalam penelitian ini berjumlah
6 orang.
Hasil penelitian menunjukan: 1) subjek berkemampuan tinggi dapat
melakukan empat langkah pemecahan masalah dengan sangat baik, yaitu
memahami masalah, merencanakan pemecahan, melaksanakan rencana
pemecahan, dan memeriksa kembali pemecahan. 2) Subjek berkemampuan
sedang pada langkah memahami masalah sudah mampu menulis informasi�informasi yang ada dalam soal, lalu merencanakan pemecahan tetapi tidak
mampu mensubstitusikan informasi yang telah didapat ke dalam rencana yang
telah dibuat, dalam hal ini subjek tidak melakukan langkah melaksanakan rencana
pemecahan dan tidak melakukan pemeriksaan kembali. 3) Subjek berkemampuan
rendah tidak mampu memahami masalah dengan baik terbukti dengan kurang
tepatnya informasi yang ditulis dalam penyelesaian, hal ini mempengaruhi
langkah-langkah selanjutnya yaitu merencanakan pemecahan, melaksanakan
rencana pemecahan, dan memeriksa kembali.
Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Soal Cerita,
Langkah-langkah Pemecahan Masalah.
ix========================================
ABSTRACT
Febriyanti Koleta Ndinduk. 2022. Analysis of Students' Mathematical Problem
Solving Ability in Solving SPLDV Problems. Thesis, Ruteng: Mathematics
Education Study Program, Indonesian Catholic University of Santu Paulus
Ruteng.
One of the goals of learning mathematics is that students have problem�solving skills which include understanding problems, planning solutions,
implementing solution plans, and re-examining solutions. Mathematical problem
solving ability is a skill possessed by individuals in overcoming problems in the
field of mathematics, one of which is in the form of squestions. This study aims to
describe and analyze students' mathematical problem solving abilities in solving
SPLDV problems.
This type of research is a qualitative descriptive research. Data collection
techniques used are tests and interviews. Data analysis techniques in this study
include data reduction, data presentation and verification or drawing conclusions.
The number of subjects selected in this study amounted to 6 people.
The results showed: 1) high-ability subjects could perform four problem�solving steps very well, namely understanding the problem, planning the solution,
implementing the solution plan, and re-examining the solution. 2) The moderately
capable subject at the step of understanding the problem was able to write down
the information contained in the problem, then plan a solution but was unable to
substitute the information that had been obtained into the plan that had been made,
in this case the subject did not take steps to implement the solution plan and did
not do a re-examination. 3) Subjects with low abilities are not able to understand
the problem well as evidenced by the inaccurate information written in the
settlement, this affects the next steps, namely planning a solution, implementing a
solution plan, and checking again.
Keywords: Mathematical Problem Solving Ability, Story Problems, Problem
Solving Steps
Actions (login required)
 |
View Item |