ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SPLDV

NDINDUK, FEBRIYANTI KOLETA (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SPLDV. Other thesis, UNIKA SANTU PAULUS RUTENG.

[img] PDF
Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Febriyanti Koleta Ndinduk. 2022. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal SPLDV. Skripsi, Ruteng: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng. Salah satu tujuan dari pembelajaran matematika yaitu siswa memiliki kemampuan memecahkan masalah yang meliputi memahami masalah, merencanakan pemecahan, melaksanakan rencana pemecahan, dan memeriksa kembali pemecahan. Kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan suatu keterampilan yang dimiliki oleh individu dalam mengatasi permasalahan dalam bidang matematika yang salah satunya berbentuk soal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelesaikan soal SPLDV. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Jumlah subjek yang dipilih dalam penelitian ini berjumlah 6 orang. Hasil penelitian menunjukan: 1) subjek berkemampuan tinggi dapat melakukan empat langkah pemecahan masalah dengan sangat baik, yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan, melaksanakan rencana pemecahan, dan memeriksa kembali pemecahan. 2) Subjek berkemampuan sedang pada langkah memahami masalah sudah mampu menulis informasi�informasi yang ada dalam soal, lalu merencanakan pemecahan tetapi tidak mampu mensubstitusikan informasi yang telah didapat ke dalam rencana yang telah dibuat, dalam hal ini subjek tidak melakukan langkah melaksanakan rencana pemecahan dan tidak melakukan pemeriksaan kembali. 3) Subjek berkemampuan rendah tidak mampu memahami masalah dengan baik terbukti dengan kurang tepatnya informasi yang ditulis dalam penyelesaian, hal ini mempengaruhi langkah-langkah selanjutnya yaitu merencanakan pemecahan, melaksanakan rencana pemecahan, dan memeriksa kembali. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Soal Cerita, Langkah-langkah Pemecahan Masalah. ix======================================== ABSTRACT Febriyanti Koleta Ndinduk. 2022. Analysis of Students' Mathematical Problem Solving Ability in Solving SPLDV Problems. Thesis, Ruteng: Mathematics Education Study Program, Indonesian Catholic University of Santu Paulus Ruteng. One of the goals of learning mathematics is that students have problem�solving skills which include understanding problems, planning solutions, implementing solution plans, and re-examining solutions. Mathematical problem solving ability is a skill possessed by individuals in overcoming problems in the field of mathematics, one of which is in the form of squestions. This study aims to describe and analyze students' mathematical problem solving abilities in solving SPLDV problems. This type of research is a qualitative descriptive research. Data collection techniques used are tests and interviews. Data analysis techniques in this study include data reduction, data presentation and verification or drawing conclusions. The number of subjects selected in this study amounted to 6 people. The results showed: 1) high-ability subjects could perform four problem�solving steps very well, namely understanding the problem, planning the solution, implementing the solution plan, and re-examining the solution. 2) The moderately capable subject at the step of understanding the problem was able to write down the information contained in the problem, then plan a solution but was unable to substitute the information that had been obtained into the plan that had been made, in this case the subject did not take steps to implement the solution plan and did not do a re-examination. 3) Subjects with low abilities are not able to understand the problem well as evidenced by the inaccurate information written in the settlement, this affects the next steps, namely planning a solution, implementing a solution plan, and checking again. Keywords: Mathematical Problem Solving Ability, Story Problems, Problem Solving Steps

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Perpustakaan UNIKA St. Paulus Ruteng
Date Deposited: 13 Oct 2022 05:11
Last Modified: 13 Oct 2022 05:11
URI: http://repository.unikastpaulus.ac.id/id/eprint/1380

Actions (login required)

View Item View Item