PERAN GURU DALAM PENANGANAN PERILAKU ANAK HIPERAKTIF DI PAUD SANTU IGNATIUS SAMPAR DESA PONGLALE KECAMATAN RUTENG KABUPATEN MANGGARA

JEBIA, FRIDOLIN KOLETA (2022) PERAN GURU DALAM PENANGANAN PERILAKU ANAK HIPERAKTIF DI PAUD SANTU IGNATIUS SAMPAR DESA PONGLALE KECAMATAN RUTENG KABUPATEN MANGGARA. Other thesis, Unika Santu Paulus Ruteng.

[img] PDF
Download (599kB)
[img] PDF
Download (1MB)

Abstract

Jebia, Fridolin, koleta. 2022. Peran Guru dalam Penanganan Perilaku Anak Hiperaktif di PAUD Santu Ignatius Sampar Desa Ponglale Kecamatan Ruteng Kabupaten Manggarai. Skripsi. Ruteng: Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng. Pembimbing I:Elisabeth Sarinastitin, M.Pd. Pembimbing II: Adriani Tamo Ina Talu, M.Pd. Berdasarkan hasil observasi awal pada bulan Januari 2022 di PAUD Santu Ignatius Sampar Desa Ponglale Kecamatan Ruteng Kabupaten Manggarai terlihat bahwa masih ada satu orang anak yang mengalami gangguan pemusatan perhatian/hiperaktif. Dengan mengalami ciri-ciri perilaku sulit mengikuti perintah guru, tidak fokus dalam mengikuti pembelajaran, menunjukkan aktivitas yang agak berlebihan dan tanpa tujuan, mengganggu teman dengan sengaja, keluar masuk kelas saat proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru dalam penanganan perilaku anak hiperaktif di PAUD Santu Ignatius Sampar Desa Ponglale Kecamatan Ruteng Kabupaten Manggarai. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru di PAUD Santu Ignatius Sampar Desa Ponglale Kecamatan Ruteng Kabupaten Manggarai. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini ialah menggunakan teknik analisis yang dikemukakan Mules dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam penanganan perilaku anak hiperaktif di PAUD Santu Ignatius Sampar yaitu peran guru sebagai pendidik, peran guru sebagai fasilitator, dan peran guru sebagai evaluator. 1) Peran guru sebagai pendidik ialah guru memperlakukan semua anak sama tetapi cara guru dalam menangani anak yang berperilaku hiperaktif yaitu dengan cara selalu mengawasi dan memberikan perhatian khusus untuk anak hiperaktif tersebut, memberikan tugas khusus untuk anak hiperaktif yang berbeda dengan anak-anak yang lain, memberikan kebebasan untuk anak tetapi masih dalam pengawasan guru sehingga tidak menganggu teman-teman yang lain, memberikan pujian saat anak mampu mengerjakan tugas atau saat anak menaati perintah, memberikan sangsi yang tegas saat anak melakukan kesalahan, menempatkan anak duduk di dekat guru, mengalihkan perhatian anak dengan cara bernyanyi dan bercerita, dan mendorong anak untuk selalu melakukan hal-hal yang positif. 2) Peran guru sebagai fasilitator ialah menyediakan fasilitas belajar anak yang nyaman dan aman, penyediaan alat bermain anak. 3) Peran guru sebagai evaluator ialah menilai hasil belajar anak dari hasil karya anak dan berdasarkan perkembangan anak. Kata Kunci:Perilaku Hiperaktif, Peran Guru dalam Penanganan Perilaku Anak Hiperakti

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Hiperaktif, Peran Guru dalam Penanganan Perilaku Anak Hiperaktif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Perpustakaan UNIKA St. Paulus Ruteng
Date Deposited: 27 Sep 2022 01:14
Last Modified: 14 Oct 2022 00:16
URI: http://repository.unikastpaulus.ac.id/id/eprint/1388

Actions (login required)

View Item View Item