ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA KELAS VII SMP/MTS DITINJAU DARI KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA

Pesandreng, Anan Daeng (2022) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA KELAS VII SMP/MTS DITINJAU DARI KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA. Other thesis, Unika Santu Paulus Ruteng.

[img] PDF
Download (605kB)
[img] PDF
Download (4MB)

Abstract

Pesandreng, Anan Daeng (2022). Analisis Kemampuan Literasimatematika Kelas ViiSmp/Mtsditinjau Dari Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita. Skripsi, Ruteng: Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng. Salah satu tujuan dari pembelajaran matematika yaitu siswa memiliki kemampuan literasi matematika yang meliputi memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau alogaritma, secaraluwes, akurat, efisen, dan tepat dalam pemecahan masalah; menggunakan penalaran pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika; memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh; mengkomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah; memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah. Jenis penilitan ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi pemberian tes, wawancara, observasi dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII di MTs Amanah Ruteng yang berjumlah 18 orang. Siswa yang menjadi subjek penelitian diberikan soal tes untuk mengukur kemampuan literasi matematika siswa. Siswa dikelompokkan menjadi 3 kategori dengan kategori siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan: 1) kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang berbentuk soal cerita pada materi aljabar siswa kelas VII MTs Amanah Ruteng dikategorikan sedang karena terdapat 9 siswa yang salah satu dari siswa tersebut masing-masing memenuhi kategori berkemampuan tinggi hanya pada level 1 sampai level 4, dan pada level 5 dan 6 tidak ada satupun siswa yang memenuhi kategori berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal. 2) kesulitan mendasar yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang berbentuk cerita pada materi aljabar adalah kesulitan dalam menganalisa soal. Kata Kunci : Kemampuan Literasi Matematika Siswa, Soal Cerita, Materi Aljabar

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Literasi Matematika Siswa, Soal Cerita, Materi Aljabar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Perpustakaan UNIKA St. Paulus Ruteng
Date Deposited: 17 Oct 2022 00:36
Last Modified: 17 Oct 2022 00:36
URI: http://repository.unikastpaulus.ac.id/id/eprint/1391

Actions (login required)

View Item View Item