ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4- 5 TAHUN DALAM MENGENAL WARNA MELALUI METODE EKSPERIMEN

Dio, Claudia Saputri (2022) ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4- 5 TAHUN DALAM MENGENAL WARNA MELALUI METODE EKSPERIMEN. Other thesis, Unika Santu Paulus Ruteng.

[img] PDF
Download (366kB)
[img] PDF
Download (1MB)

Abstract

Dio, Claudia, Saputri. 2022. Analisis Kemampuan Kognitif Anak Usia 4- 5 Tahun Dalam Mengenal Warna Melalui Metode Eksperimen. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng. Pembimbing 1: Elisabeth Sarinastitin, M.Pd dan Pembimbing 2: Ignatius Febryanto R. Bora, S.Fil., MA Masalah dalam penelitian ini adalah masih terdapat anak yang belum optimal dalam mengenal warna. Kemampuan kognitif anak dalam berpikir belum berkembang disebabkan kurangnya pemberian kesempatan kepada anak untuk melakukan percobaan secara langsung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeksripsikan cara meningkatkan pengenalan warna pada anak usia dini menggunakan metode yang tepat yaitu metode eksperimen. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari sumber data sekunder. Data sekunder merupakan data yang diperoleh melalui penelitian kepustakaan yaitu membaca, dan mempelajari berbagai dokumen yang berkaitan dengan masalah yang dibahas dalam ini. Data dalam penelitian ini adalah kajian literatur dalam penelitian relevan yang sebelumnya pernah diteliti oleh orang lain. Analisis data merupakan proses mencari dan menyusun secara sistimatis data yang diperoleh dari hasil penelitian relevan yang sesuai dengan topik kemampuan kognitif anak usia dini dalam mengenal warna melalui metode eksperimen sehingga dapat dengan mudah dipahami dan temuannya dapat diinformasikan kepada orang lain. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis Milles dan Hurberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil kajian literatur bahwa penggunaan metode eksperimen sangat sesuai dan efektif terutama pengenalan warna dalam proses belajar mengajar. Melalui metode eksperimen pembelajaran menjadi lebih bermakna dan menyenangkan dikarenakan siswa terlibat secara langsung serta diberikan kebebasan. Dalam melakukan eksperimen peserta didik akan mendapatkan pengalaman baru dengan percobaan yang dilakukan sendiri dengan suasana yang lebih rileks dan anak lebih antusias dalam mencampur warna. Adanya penggunaan media berbahan alam yang menarik dan menyenangkan anak dapat mengembangkan kemampuan kognitif dan memberi pengaruh positif bagi anak. Dari hasil kajian literatur dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif anak dalam mengenal warna berkembang sangat pesat dengan menggunakan metode eksperimen sederhana pencampuran warna. Kata kunci: Kemampuan kognitif, metode eksperimen, anak usia din

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan kognitif, metode eksperimen, anak usia dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Perpustakaan UNIKA St. Paulus Ruteng
Date Deposited: 14 Oct 2022 00:16
Last Modified: 14 Oct 2022 00:16
URI: http://repository.unikastpaulus.ac.id/id/eprint/1393

Actions (login required)

View Item View Item