ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SPLDV

Ndinduk, Febriyanti Koleta (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SPLDV. Other thesis, Unika Santu Paulus Ruteng.

[img] PDF
Download (680kB)
[img] PDF
Download (6MB)

Abstract

Febriyanti Koleta Ndinduk. 2022. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal SPLDV. Skripsi, Ruteng: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng. Salah satu tujuan dari pembelajaran matematika yaitu siswa memiliki kemampuan memecahkan masalah yang meliputi memahami masalah, merencanakan pemecahan, melaksanakan rencana pemecahan, dan memeriksa kembali pemecahan. Kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan suatu keterampilan yang dimiliki oleh individu dalam mengatasi permasalahan dalam bidang matematika yang salah satunya berbentuk soal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelesaikan soal SPLDV. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Jumlah subjek yang dipilih dalam penelitian ini berjumlah 6 orang. Hasil penelitian menunjukan: 1) subjek berkemampuan tinggi dapat melakukan empat langkah pemecahan masalah dengan sangat baik, yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan, melaksanakan rencana pemecahan, dan memeriksa kembali pemecahan. 2) Subjek berkemampuan sedang pada langkah memahami masalah sudah mampu menulis informasi�informasi yang ada dalam soal, lalu merencanakan pemecahan tetapi tidak mampu mensubstitusikan informasi yang telah didapat ke dalam rencana yang telah dibuat, dalam hal ini subjek tidak melakukan langkah melaksanakan rencana pemecahan dan tidak melakukan pemeriksaan kembali. 3) Subjek berkemampuan rendah tidak mampu memahami masalah dengan baik terbukti dengan kurang tepatnya informasi yang ditulis dalam penyelesaian, hal ini mempengaruhi langkah-langkah selanjutnya yaitu merencanakan pemecahan, melaksanakan rencana pemecahan, dan memeriksa kembali. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Soal Cerita, Langkah-langkah Pemecahan Masalah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Soal Cerita, Langkah-langkah Pemecahan Masalah
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Perpustakaan UNIKA St. Paulus Ruteng
Date Deposited: 14 Oct 2022 00:16
Last Modified: 14 Oct 2022 00:16
URI: http://repository.unikastpaulus.ac.id/id/eprint/1396

Actions (login required)

View Item View Item