PENERAPAN KONTEN STEAM DALAM PEMBELAJARAN DI PAUD

Jemina, Maria Novia (2022) PENERAPAN KONTEN STEAM DALAM PEMBELAJARAN DI PAUD. Other thesis, Unika Santu Paulus Ruteng.

[img] PDF
Download (264kB)
[img] PDF
Download (2MB)

Abstract

Jemina, Maria, Novia. 2022. Penerapan Pembelajaran Konten STEAM Dalam Pembelajaran Di PAUD. Skripsi. Ruteng: Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Katolik Indonesia Santu Pulus Ruteng. Pembimbing I: Felisitas Ndeot, M.Pd. Pembimbing II: Maria D. V. Banggur, S.Kom, M.Pd. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bahwa di Indonesia sudah ada kebijakan mengenai STEAM pada pembelajaran di PAUD hanya penerapanya belum sesuai, hal ini di pengaruhi karena masih minimnya pengetahuan guru terhadap pembelajaran dengan pendekatan STEAM di PAUD. Tujuan penelitian yang dibahas dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan konten STEAM dalam pembelajaran di PAUD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa kajian pustaka atau Library Research. Sumber data atau bahan yang diperoleh dalam penyelesaian penelitian ini berasal dari jurnal-jurnal dan skripsi, penelitian-penelitian terdahulu yang berisi teori-teori yang relevan dengan masalah dalam penelitian ini. Data dianalisis melalui langkah-langkah data penelitian mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran konten STEAM dalam pembelajaran di PAUD memiliki lima langkah antara lain sebagai berikut: 1) pengamatan (observe) adalah memotivasi anak untuk melakukan pengamatan terhadap berbagai kegiatan dalam kehidupan sehari-hari, 2) ide baru (new idea) adalah anak diberi kesempatan untuk mengamati dan menemukan 4 sesuatu yang berbeda dari kegiatan sebelumnya, 3) inovasi (inovation) adalah anak di minta untuk menjabarkan hal-hal apa saja yang yang sudah dilakukan oleh anak, 4) kreasi (creative) adalah pelaksanaan semua saran dan pendapat hasil diskusi dari berbagai ide yang telah dihasilkan, 5) langkah penilain (society) adalah memberikan penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilakukan oleh anak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembel ajaran konten STEAM dalam pembelajaran di PAUD memiliki langkah-langkah pembelajaran konten STEAM untuk mengembangkan pemahaman guru dalam menerapkan pembelajaran STEAM di satuan PAUD. Kata Kunci: Penerapan konten STEAM, pembelajaran di PAUD

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Penerapan konten STEAM, pembelajaran di PAUD
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Perpustakaan UNIKA St. Paulus Ruteng
Date Deposited: 14 Oct 2022 00:16
Last Modified: 14 Oct 2022 00:16
URI: http://repository.unikastpaulus.ac.id/id/eprint/1400

Actions (login required)

View Item View Item