KORELASI BLENDED LEARNING PADA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID- 19 DENGAN HASIL BELAJAR IPA DI SDN RAMPASASA

RIDI, FRANSISKUS VERSI (2022) KORELASI BLENDED LEARNING PADA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID- 19 DENGAN HASIL BELAJAR IPA DI SDN RAMPASASA. [Artefact]

[img] PDF
Download (445kB)
[img] PDF
Download (1MB)

Abstract

Ridi, Fransiskus Versi. 2022. Korelasi Blended Learning pada Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid- 19 dengan Hasil Belajar IPA Di SDN Rampasasa. Skripsi. Ruteng. Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng. Pembibing I Dr. Yuliana Wahyu, M.Pd dan Pembimbing II Elisabeth Irma N. Davidi, M.Pd. Penelitian ini berrtujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara penerapan model pembelajaran Blended Learning pada Pembelajaran di masa pandemi Covid- 19 dengan hasil belajar IPA di SDN Rampasasa. Jenis penelitian adalah penelitian korelasional. Populasi dari penelitian adalah semua siswa di SDN Rampasasa dan sampel penelitian ini adalah siswa SDN Rampasasa kelas V yang berjumlah 12 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik claster sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan teknik analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara Blended Learning dengan hasil belajar siswa. Hasil analisis korelasi diperoleh = 0,96 sedangkan nilai Tingkat hubungan yang terjadi sangat tinggi, karena nilai r pada interprestasi koefisien korelasi berada pada interval 0,80-0,100 sebagai kategori sangat tinggi. Hubungan antara penerapan model pembelajaran Blended Learning dengan hasil belajar IPA siswa diperoleh dari lebih besar dari pada derajat kebebasan (dk) dan alpha 5% yaitu 0,96> 0,288, adapun penerimaan hipostesis 0,96> 0,288, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat hubungan positif dan signifikan antara penerapan model pembelajaran Blended Learing terhadap hasil belajar IPA siswa. Karena hasil pengujian hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak maka dapat dikatakan bahwa Blended Learning terdapat hubungan antara penerapan model pembelajaran Blended Learning dengan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Rampasasa. Jadi, dapat disimpulkan bahwa tinggi dan rendahnya hasil belajar siswa tergantung dari penerapan model pembelajaran Blended Learning. Kata Kunci: Blended Learning, Covid- 19 Hasil Belajar IPA

Item Type: Artefact
Uncontrolled Keywords: Blended Learning, Covid- 19 Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Perpustakaan UNIKA St. Paulus Ruteng
Date Deposited: 14 Oct 2022 00:16
Last Modified: 14 Oct 2022 00:16
URI: http://repository.unikastpaulus.ac.id/id/eprint/1402

Actions (login required)

View Item View Item