MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN KOLASE DI TKN MANO

IDAM, NATALIA (2022) MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN KOLASE DI TKN MANO. Other thesis, Unika Santu Paulus Ruteng.

[img] PDF
Download (765kB)
[img] PDF
Download (2MB)

Abstract

Idam, Natalia 2022. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Kolase Di TKN Mano. Skripsi. Ruteng.Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini,Universitas Katolik Indonesia St. Paulus. Pembimbing 1. Gervasius Adam, M.Or. Pembimbing 2: Maria F. M. Angkur, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TKN Mano. Kemampuan motorik halus anak masih banyak pada kategori MB dan BB. Hal ini disebabkan kurangnya stimulasi atau pemanfataan media-media pembelajaraan yang dapat merangsang perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun. Tujuan dari penelitian dari untuk mengetahui apakah melalui kegiatan kolase pendidik dapat meningkatkan motorik halus anak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan mmenggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Model ini terdiri dari empat komponen utama yang membentuk sebuah siklus. Keempat komponen tersebut terdiri dari: perencanaan,pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitiannya menggunakan lembar observasi. Subyek dalam penelitianini adalah anak usia 4-5 tahun di TKN Mano. teknik pengumpulan data menggunakan teknik lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan terhadap keterampilan motorik halus anak, pada pratindakan, siklus I dan siklus II. Pada pratindakan capaian yang diperoleh anak berada pada kategori BB sejumlah 3 orang anak dengan presentase 37,5%, kategori MB sejumlah 2 orang dengan presentase 25%, kategori BSH sejumlah 2 orang dengan presentase 25%. Dan kategori BSB sejumlah 1 orang dengan prsentase 12,5%. Sedangkan siklus I anak yang mencapai ketuntasan belajar klasikal sejumlah 4 Orang anak dengan kategori MB dengan presentase 50% dan 4 orang anak berada pada kategori BSH dengan presentase 50%. Dan pada siklus II yang mencapai ketuntasan belajar klasikal sejumlah 7 Orang anak berada pada kategori BSH dengan presentase 87,5% dan 1 orang anak berada pada kategori BSB dengan presentase 12,5%. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kolase dalam pembelajaraan dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TKN Mano. Kata kunci: motorik halus, kolase

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: motorik halus, kolase
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Perpustakaan UNIKA St. Paulus Ruteng
Date Deposited: 14 Oct 2022 00:16
Last Modified: 14 Oct 2022 00:16
URI: http://repository.unikastpaulus.ac.id/id/eprint/1403

Actions (login required)

View Item View Item