Sofia,, Emiliana Ina (2022) MANFAAT METODE EKSPERIMEN UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SAINS AUD USIA 5-6 TAHUN. Other thesis, Unika Santu Paulus Ruteng.
PDF
Download (758kB) |
Abstract
Sofia, Emiliana Ina. 2022. Manfaat Metode Eksperimen Untuk Mengembangkan Kemampun Sains AUD 5-6 Tahun. Skripsi, Ruteng: Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Katolik Santu Paulus Ruteng. Pembimbing (1) Gervasius Adam, M.Or., pembimbing (2) Emilia Graciela Mega Taran, M. Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah masih banyak guru yang jarang menggunakan media dalam pembelajaran sains terlebih khusus dalam melakukan kegiatan eksperimen terapung telur untuk meningkatkan pembelajaran sains bagi anak usia dini (PAUD). Rendahnya kemampuan sains anak di pengaruhi oleh faktor penyebabnya adalah metode pembelajaran yang di terapkan di sekolah kurang efektif, sehingga dalam proses pembelajaran aktvitas yang di lakukan oleh anak, guru hanya memberikan tugas menggunakan lembar kerja anak untuk menggambar dan mewarnai. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data-data dan bahan yang di peroleh dalam menyusun dan menyelesaikan penelitian ini berasal dari jurnal-jurnal dan sumberlainnya yang sangat mendukung penulisan kajian kepustakaan ini. Teknik pengumpulan data dalam studi kepustakaan di lakukan dengan cara membaca serta mencatat dan mempelajari sumber data sekunder yaitu kajian literatur penelitian yang relevan dengan masalah penelitian ini. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik yang di kembangkan oleh Miles dan Huberman tentang analisis data kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasi studi kepustakaan ini menunjukan metode eksperimen di katakan berhasil apa bila guru memahami dan menyadari manfaat metode eksperimen dalam pembelajaran di kelas, serta mampu menyediakan media terapung telur dalam pembelajaran khususnya dalam pembelajaran sains untuk mengembangkan kemampuan sains anak. Selain itu guru di harapkan untuk meningkatkan kualitas mengajarnya tentang penerapan metode dalam pembelajaran di kelas khususnya metode eksperimen dalam pembelajaran sains untuk anak usia 5-6 tahun berjalan sesuai dengan kemampuannya tersebut. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat di simpulkan bahwa metode eksperimen dapat mengembangkan kemampuan sains anak usia dini di mana anak akan bereksploarsi, mencoba dan mengalami sendiri dalam kegiataan eksperimen sehingga anak mempunyai pengalaman secara langsung pada proses percobaan dan anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dengan kegiatan yang di lakukannya. Kata kunci: Metode Eksperimen, Kemampuan Sains AUD 5-6 Tahun
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Eksperimen, Kemampuan Sains AUD 5-6 Tahun |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | UNSPECIFIED |
Depositing User: | Perpustakaan UNIKA St. Paulus Ruteng |
Date Deposited: | 14 Oct 2022 00:16 |
Last Modified: | 14 Oct 2022 00:16 |
URI: | http://repository.unikastpaulus.ac.id/id/eprint/1404 |
Actions (login required)
View Item |