Sofia,, Emiliana Ina
(2022)
MANFAAT METODE EKSPERIMEN UNTUK MENGEMBANGKAN
KEMAMPUAN SAINS AUD USIA 5-6 TAHUN.
Other thesis, [error in script].
Abstract
Sofia, Emiliana Ina. 2022. Manfaat Metode Eksperimen Untuk Mengembangkan
Kemampun Sains AUD 5-6 Tahun. Skripsi, Ruteng: Program Studi Pendidikan
Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Katolik Santu Paulus Ruteng.
Pembimbing (1) Gervasius Adam, M.Or., pembimbing (2) Emilia Graciela Mega
Taran, M. Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah masih banyak guru yang jarang
menggunakan media dalam pembelajaran sains terlebih khusus dalam melakukan
kegiatan eksperimen terapung telur untuk meningkatkan pembelajaran sains bagi
anak usia dini (PAUD). Rendahnya kemampuan sains anak di pengaruhi oleh
faktor penyebabnya adalah metode pembelajaran yang di terapkan di sekolah
kurang efektif, sehingga dalam proses pembelajaran aktvitas yang di lakukan oleh
anak, guru hanya memberikan tugas menggunakan lembar kerja anak untuk
menggambar dan mewarnai.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan menggunakan
pendekatan kualitatif. Sumber data-data dan bahan yang di peroleh dalam
menyusun dan menyelesaikan penelitian ini berasal dari jurnal-jurnal dan
sumberlainnya yang sangat mendukung penulisan kajian kepustakaan ini. Teknik
pengumpulan data dalam studi kepustakaan di lakukan dengan cara membaca
serta mencatat dan mempelajari sumber data sekunder yaitu kajian literatur
penelitian yang relevan dengan masalah penelitian ini. Analisis data dalam
penelitian ini menggunakan tiga teknik yang di kembangkan oleh Miles dan
Huberman tentang analisis data kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data dan
kesimpulan.
Hasi studi kepustakaan ini menunjukan metode eksperimen di katakan
berhasil apa bila guru memahami dan menyadari manfaat metode eksperimen
dalam pembelajaran di kelas, serta mampu menyediakan media terapung telur
dalam pembelajaran khususnya dalam pembelajaran sains untuk mengembangkan
kemampuan sains anak. Selain itu guru di harapkan untuk meningkatkan kualitas
mengajarnya tentang penerapan metode dalam pembelajaran di kelas khususnya
metode eksperimen dalam pembelajaran sains untuk anak usia 5-6 tahun berjalan
sesuai dengan kemampuannya tersebut.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat di simpulkan bahwa metode
eksperimen dapat mengembangkan kemampuan sains anak usia dini di mana
anak akan bereksploarsi, mencoba dan mengalami sendiri dalam kegiataan
eksperimen sehingga anak mempunyai pengalaman secara langsung pada proses
percobaan dan anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dengan kegiatan yang di
lakukannya.
Kata kunci: Metode Eksperimen, Kemampuan Sains AUD 5-6 Tahun
Item Type: |
Thesis
(Other)
|
Contributors: |
Contribution | Name | ["eprint_fieldname_contributors_nidn" not defined] | Email |
---|
|
Uncontrolled Keywords: |
Metode Eksperimen, Kemampuan Sains AUD 5-6 Tahun |
Subjects: |
Q Science > Q Science (General) |
Divisions: |
UNSPECIFIED |
Depositing User: |
Perpustakaan UNIKA St. Paulus Ruteng
|
Date Deposited: |
14 Oct 2022 00:16 |
Last Modified: |
14 Oct 2022 00:16 |
URI: |
http://repository.unikastpaulus.ac.id/id/eprint/1404 |
Actions (login required)
 |
View Item |