EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA BUKU HARIAN PADA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BAGI SISWA SMA KELAS X

Erca, Yudiana (2022) EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA BUKU HARIAN PADA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BAGI SISWA SMA KELAS X. Other thesis, Unika Santu Paulus Ruteng.

[img] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Erca, Yudiana. (2022). “Efektivitas Penerapan Media Buku Harian pada Pembelajaran Menulis Puisi Bagi Siswa SMA Kelas X”. Skripsi. Ruteng: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Katolik Indonesia Santo Paulus. Pembimbing I: Eduardus Yovantus Abut, S.Fil., M.Pd.; Pembimbing II: Handrianus Dwianot Momang, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menulis puisi. Hal tersebut disebabkan oleh kesulitan yang dialami siswa pada saat menemukan ide, sulit berimajinasi, dan pemilihan kata. Hal ini juga terjadi karena seringkali guru memberikan teori-teori puisi dengan kaku, dan jarang menggunakan media dalam proses pembelajaran. Alangkah baiknya apabila siswa langsung terjun ke dalam puisi dengan pengalaman mereka sendiri. Siswa menulis puisi dari apa yang telah mereka alami, dan disinilah peran media buku harian menjadi salah satu kunci bagi siswa untuk bisa menemukan ide dengan mudah. Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui efektivitas penerapan media buku harian pada pembelajaran menulis puisi bagi siswa SMA kelas X. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau library research. Data dalam penelitian bersumber dari jurnal penelitian yang relevan dengan penelitian ini, dan datanya adalah hasil dari artikel atau jurnal dari penelitian-penelitian yang relevan dengan penelitian ini. Dalam penelitian kepustakaan ini teknik atau metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah mencari artikel atau jurnal penelitian sebelumnya yang relevan dengan penelitian ini. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan metode analisis konten dan deskriptif. Penelitian ini dapat berhasil dilihat dari penelitian sebelumnya yang relevan dengan penelitian ini, yaitu peningkatan nilai siswa ketika menggunakan media buku harian dan tidak menggunakan media buku harian. Berdasarkan hasil dari penelitian-penelitian sebelumnya yang relevan dengan penelitian ini, media buku harian efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penggunaan media buku harian dalam pembelajaran tidak hanya meningkatkan hasil belajar dari siswa tetapi juga dapat mengubah perilaku siswa yang mengarah pada perilaku positif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran menulis, puisi, media buku harian.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan UNIKA St. Paulus Ruteng
Date Deposited: 07 Nov 2022 00:46
Last Modified: 07 Nov 2022 00:46
URI: http://repository.unikastpaulus.ac.id/id/eprint/1431

Actions (login required)

View Item View Item