Tapung, Marianus
(2016)
URGENSI CONCEPT BUILDING DALAM PEMBELAJARAN YANG BERMAKNA SOSIAL-SPASIAL.
[error in script]
[error in script]
ISSN 1411-1659
Abstract
Dunia yang senantiasa berubah dan memiliki kompleksitas ide, benda dan manusia menuntut seseorang untuk memiliki konsistensi dan koherensi dalam berpikir, yang hanya mungkin bila berdasarkan pada konsep yang tepat, valid, eviden, benar, dan bermanfaat. Konsep merupakan suatu kegiatan akal budi yang ditandai dengan melakukan refleksi/abstraksi terhadap fakta/data, atribut dan pengalaman nyata. Konsep yang kuat, akurat dan benar merupakan keberlanjutan yang utuh antara sensasi dan refleksi, yang akan menentukan kualitas berpengetahuan, bersikap dan berketerampilan seseorang. Dalam dunia pembelajaran, konsep yang matang dan jelas akan menentukan kemampuan untuk penguasaan dan pengembangan materi yang baik bagi guru dan siswa, yang berakibat pada tingkat capaian hasil belajarnya. Lebih dari itu, penguasaan dan penguatan konsep yang baik pada diri siswa akan membantu pembelajaran yang lebih bermakna spasial, di mana dapat membantu menumbuhkan kesadaran dan kepekaan siswa dalam melakukan interaksi, interrelasi dan interdependensi dengan sesama dan alam lingkungannya. Konsep yang baik tentang diri, sesama dan alam lingkungan akan menentukan cara siswa memposisikan diri dalam ruang lingkungan alam.
Actions (login required)
 |
View Item |